Rajah Sunda "RAJAH PAMUKA" dan "KIDUNG PANGLOKAT"

Sampurasun....
RAJAH atau ngerajah dilakukan untuk memberi kan hormat kepada roh - roh leluhur, diundang hadir dalam doa kita dan berkomunikasi. Sangat beda dengan apa yang Rajah / Rajahan kalau di Bali, kalau rajahan di Bali lebih kepada gambar - gambar tertentu yang mengandung atau diberi kekuatan magis tergantung keinginan yang meminta. 
Berikut adalah RAJAH PAMUKA dan KIDUNG PANGLOKAT yang diberikan / dituliskan kembali oleh teman saya Kang Elfa Sandrio Yayasan Wiranatakusumah ( generasi penerus alm.Kang Lalam Wiranatakusumah,Budayawan pendiri AMS ( Angkatan Muda Siliwangi )).
Yayasan ini sendiri berada di desa Wangisagara, Majalaya dan bernaung juga disana Padepokan Wangisagara untuk generasi muda yang cinta budaya leluhur terutama kasundaan, dimana diberikan tempat untuk menyampaikan apresiasinya misal dalam seni pencak silat buhun, batik pajajaran dan gamelan / karinding. Dan kebetulan juga rajah dan kidung ini saya pergunakan dalam sembahyang sehari - hari di hadapan Prabu Siliwangi tentunya dengan sarana sajennya juga.

RAJAH PAMUKA
Sampurasun.....
Amit ampun nya paralun, ka gusti nu maha suci....
neda pangjiad pangraksa abdi keumpeul Seuweu Siwi...
Seja ngaguar Laratan...titis waris Padjajaran
ngembatkeun jalan Laratan katampian Geusan mandi
ka Leuwi Sipatahunan, Leuwi nu ngaruncang diri diri manusa kiwari
rek muru lulurung tujuh ngahiap ka padjajaran
bongan hayang pulang anting
Padungdengan padungdengan jeung usikna pangacian
ahung...ahung....ahung....
Sampurasun karumuhun ka Hyang Prabu Siliwangi...
nu murba di Padjajaran..pangaoban Seuweu Siwi
nu Gelar di Tatar Sunda
muga nyebarkeun wawangi...
ahung....ahung....ahung....

KIDUNG PANGLOKAT
Run turun ,bayu tresna, bayu asih...
bayu mawa Kawaluyaan..
bayu mawa Kaelingan, Sakur nu kaliliwatan...
Sakur nu katitincakan.
Ku urang buka tutungkusan nu kahalang, kupipinding
Dina gebang sewu lontar...dina tulis titis tulis maca uga na waruga
atra setra kanti suksma...
run turun Jati Rahayu
Gelaran banjaran bagja
....cag...Rampes...

Rajah Pamuka diatas biasanya ditembangkan diiringi dengan lantunan kecapi, sungguh merdu dan indah. Kang Lalam Wiranatakusumah sempat mengkombinasikan rajahan ini dengan gamelan Bali yaitu Puspanjali ternyata hasilnya luar biasa.

Rajah Pamuka ini untuk memberikan hormat kepada Hyang Prabu Siliwangi sedangkan Kidung Panglokat merupakan permohonan keselamatan atau kerahayuan. Beliau kita hadirkan menyertai doa kita dalam alam meditasi dan melakukan percakapan ( padungdengan - padungdengan ).
Untuk kesempatan berikutnya saya akan coba bahas persamaan sajen Rujakan Sunda dan Pejatian kalau di Bali. Demikian dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Hatur Nuhun

Comments

Popular Posts